Sosialisai Tugas dan Fungsi Dewas PT-PK BLU

DEWAS UB BERKUNJUNG KE UNIVERSITAS MATARAM

DEWAS UB BERKUNJUNG KE UNIVERSITAS MATARAM

DEWAS UB BERKUNJUNG KE UNIVERSITAS MATARAM

Di antara sekian banyak agenda Kegiatan Dewan Pengawas Universitas Brawijaya (Dewas UB) yang dijadwalkan pada tahun 2014, salah satunya adalah Sosialisasi Tugas dan Fungsi Dewas dengan mengunjungi PTN-PK BLU lainnya di luar UB.

Dalam rangka sosialisai tugas dan fungsi Dewas PT-PK BLU kali ini, Dewas UB yang terdiri dari dua orang aggota, yaitu: Prof. Dr. Ir. Abdul Latief Abadi, MS. (Ketua merangkap anggota), Dr. Bambang Purnomosidhi, MBA, Ak (anggota),  Helmy Adam, SE, MSA, Ak. (Sekretaris Dewas), dan lima orang Tim Pendamping Dewas (Abdul Ghofar,M. Si.,M. Acc. Ak., CPMA. DBA., Tjahyo Handoko, Tamyis Ali Imron, S. Si., Yona Dayaningsih, A.Md.)  melaksanakan kunjungan dengan mendatangi Universitas Mataram  (Lombok), Provinsi Nusa Tenggara Barat sebagai PT PK-BLU, pada hari Kamis tanggal 6 November 2014.

Kedatangan anggota Dewas UB di Unram disambut oleh Wakil Rektor-II Unram Dr. Hailuddin, SE. di ruang kerjanya dengan didampingi dua orang anggota Dewas Dr. Drs. Sutrisna Wibawa, M.Pd., Drs. Supriyo, S.Ip. M.H., dan Kepala Bagian Keuangan Unram Drs. Ruspan, M.Ak.

Pada awal sambutannya, Wakil Rektor-II Unram menjelaskan, bahwa Unersitas Mataram resmi melaksanakan PK-BLU per 21 Juli 2012 dan baru mempunyai Dewas Pengawas terhitung sejak tanggal 15 Agustus 2014.

Menurut Hailuddin, Dewas Unram praktis belum bekerja karena sulitnya mencari waktu yang tepat untuk koordinasi bersama ketiga orang anggotanya terdiri dari orang-orang di luar Unram, yaitu: Dr. Drs. Sutrisna Wibawa, M.Pd. (Mantan PR-II UNY), Drs. Supriyo, S.Ip., M.H. (Kepala Kanwil Dirjen Perbendaharaan Provinsi NTB), dan Prof. Dr. Ing. Ir. Yul Yunazwin Nazarudin, M.Sc., DIC. (Kepala Pusat Data dan Statistik Pendidikan Kemdikbud).  “Kami baru sekali mengadakan rapat dengan Anggota Dewas, itupun karena kami mempersiapkan penyambutan  kunjungan Dewas UB”, lanjut WR-II Unram itu dengan penuh keprihatinan.

Menanggapi keprihatinan WR-II Unram, Prof. Latief Abadi yang juga Ketua Dewas UB mengawali presentasi dengan sekilas cerita tentang keberadaan Dewas UB, sehingga suasana sosialisasi tentang tugas dan fungsi Dewas berlangsung santai penuh keakraban. Lebih jauh Prof. Latief memaparkan materi Sosialisasi Tugas dan Fungsi Dewas, terutama tentang akan diterbitkannya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) yang baru dalam rangka revitalisasi dan peningkatan fungsi Dewas PT BLU. Beberapa hal penting yang termuat di dalam PMK yang baru, menurut Prof. Latief diantaranya adalah tentang “kedudukan” dan “kewenangan” Dewas yang menegaskan, bahwa Dewas adalah Mitra Kerja dan bukan bawahan Direktur Utama (Perguruan Tinggi=Rektor). Menyangkut tentang peningkatan fungsi, Dewas dapat mempunyai kewenagan untuk mendatangkan/memanggil pejabat/ahli untuk klarifikasi dalam penyusunan dan pelaksanaan Renstra Bisnis (RSB) dan Rencana Bisnis dan Anggran (RBA) sebuah PT PK-BLU.

Acara kunjugan diakhiri dengan tatap muka sejenak dan berpamitan di ruang rapat Rektor Universitas Mataram. (Tamyis/Yoyok)