Dari Rapat Koordinasi Dewas UB:

“Integrasi Sistem Pengawasan Pengelolaan Badan Layanan Umum Perguruan Tinggi”

Telah dicapai “kesepakatan bersama” tentang Strategi Pengawasan Satuan Kerja Badan Layanan Umum (Satker BLU) Universitas Brawijaya (UB) pada tanggal 17 November 2014 di Royal Senyiur Hotel-Prigen, Pandaan, Kabupaten Pasuruan, melalui Rapat Koordinasi Dewan Pengawas (Dewas) UB. Dalam melaksanakan tugas-tugasnya ke depan, ketiga unsur pengawasan bersepakat untuk mendukung pencapaian kinerja UB, sebagai Satuan Kerja Badan Layanan Umum (Satker BLU) di Kementerian yang menaunginya.

Integrasi Sistem Pengawasan Pengelolaan Badan Layanan Umum Perguruan Tinggi

Integrasi Sistem Pengawasan Pengelolaan Badan Layanan Umum Perguruan Tinggi

Strategi Pengawasan dimaksud adalah formulasi rangkuman hasil diskusi dan koordinasi antara ketiga unsur pengawasan yang ada di UB, dan berhasil dikemas dalam forum koordinasi dengan saling membuka diri. Unsur pengawasan UB sebagaimana dalam organisasi dan tata kelola terdiri dari: Dewan Pengawas (Dewas), Satuan Pengawasan Internal (SPI), dan Pusat Jaminan Mutu (PJM).

Ketua Dewas UB Prof. Dr. Ir. A. Latief Abadi, MS sempat menyinggung di sela-sela paparannya, tentang belum adanya koordinasi sistem pengawasan yang dilakukan selama ini, sehingga secara pribadi, Guru Besar Hama dan Penyakit Tumbuhan ini berharap, bahwa di dalam menjalankan tugas dan fungsinya, setiap unsur pengawasan harus “terbuka” terhadap apa yang akan diawasi.

Selain keterbukaan, menurut  Helmy Adam, SE, MSA., Ak (Sekretaris Dewas UB) masih diperlukan adanya sinkronisasi instrumen pengawasan antara Dewas, SPI, dan PJM.

Menanggapi masalah sinkronisasi instrumen pengawasan, Achmad Zaky, SE, MSA, Ak, SAS, CMA, CA (Kepala Bidang Audit Keuangan) SPI mengartikan sinkronisasi instrumen sebagai bagian dari akan diadakannya kerjasama dengan Rektor untuk meningkatkan tugas dan fungsi SPI khusunya dan Unsur Pengawasan UB pada umumnya. Karena sementara ini SPI di dalam menjalankan tugas dan fungsinya masih belum bisa maksimal. Sebagai contoh menurut Achmad Zaky, sampai sekarang, SPI perlu berhati-hati dalam memberikan rekomendasi yang berhubungan dengan ranah hukum.

Sebagai unit kerja yang berhubungan dan sekaligus bertanggung-jawab terhadap proses perencanaan dan pelaksanaan program/kegiatan dan penanggaran, perwakilan Biro Administrasi Keuangan dan Perencanaan (BAKP) turut diundang pada acara Rakor tersebut. Ada dua hal penting yang harus segera diluruskan menurut Drs. Suhartono (Kabag Akuntansi pada BAKP), yaitu: (1) Hasil temuan SPI belum diserahkan kepada bagian keuangan, sehingga belum ditindaklanjuti oleh bagian keuangan; dan (2) Hasil laporan audit SPI belum mengikat, artinya belum mem-“push” temuan untuk segera diperbaiki.

Acara Rapat Koordinasi Dewas UB, tentang “Integrasi Sistem Pengawasan Pengelolaan Badan Layanan Umum Perguruan Tinggi” yang berlangsung di Hotel “Royal Senyiur Prigen pada tanggal 17 dan 18 Nebember 2014 itu, selengkapnya dihadiri oleh: (1) Dewan Pengawas (Dewas) UB (www.dewas.ub.ac.id): Prof. Dr. Ir. A. Latief Abadi, MS. (Ketua merangkap Anggota); Prof. Masruchin Ruba’I, SH., MH. (Anggota); Dr. Bambang Purnomosidhi, MBA. Ak. (Anggota); Drs. Juni Hastoto (Anggota); Helmy Adam, SE, MSA., Ak. (Sekretaris). (2) Tim Pendamping Dewas UB: Yuki Firmanto, SE, MSA.Ak.; A. Tamyis Ali Imron, S. Si.; Yona Dayaningsih, A.Md.; Tjahyo Handoko. (3) Pusat Jaminan Mutu (PJM) UB (www.pjm.ub.ac.id ): Loeki Enggar Fitri, Dr. dr., M.Kes., Sp.ParK. (Sekretaris); Herman Tolle, Dr.Eng., S.T, M.T. (Anggota Bidang SPMI); Ratno Bagus Eddy Wibowo, S.Si., M.Si., Ph.D. (Anggota Bidang AIM); Yudie Wiro Eko Setyawan, S.Si. (Staf Bidang AIM dan Pelayanan Umum). (3) Satuan Pengawasan Internal (SPI) UB (www.spi.ub.ac.id ): Achmad Zaky, SE, MSA, Ak, SAS, CMA, CA (Kepala Bidang Audit Keuangan); Ir. M.A. Helmy Sjoekoer (Kepala Bidang Audit Pembangunan); San Rudiyanto, SE., Ak (Staff Auditor dan Koordinator Auditor).  (4) Biro Administrasi Keuangan dan Perencanaan (BAKP) UB: Drs. Suhartono (Kabag Akuntansi); Drs. Lulut Endi Sutrisno, M.AB. (Kasubbag Monitoring dan Evaluasi); Heri Prawoto P. Widodo, S.Sos. (Kasubbag PNBP); M. Alfan Choirudin, S.Sos. (Kasubbag Akuntansi dan Manajemen). (Dewas UB: Yoyok/Tamyis).